Ulasan Teks “ICT in Education”



Dalam perkembangan zaman, tidak dapat dipungkiri bahwa TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) memegang peran penting dalam mempermudah kita di dalam kehidupan. Salah satu fungsi penting TIK yaitu dalam bidang pendidikan. UNESCO sangat menekankan kepada negara-negara agar menggunakan TIK sebagai sarana dalam mengembangkan pendidikan.
Dalam teks bertajuk “ICT in Education” mengulas bangaimana peran penting TIK dalam bidang pendidikan. UNESCO menghimbau agar negara-negara memahami peran penting yang dimainkan oleh teknologi, teknologi membantu percepatan pengetahuan dapat disebar. Dengan adanya teknologi yang memadai makan dapat dijadikan sebagai jembatan dalam mengakses pengetahuan di kancah global. Organisasi ini membuktikan TIK mampu membantu pendidikan melalui kegiatan  pengembangan kapasitas, saran teknis, publikasi, kerja lapangan, dan konferensi internasional seperti Konferensi Internasional untuk Pembelajaran TIK dan Pendidikan Pelajaran 2015.
Menurut saya TIK memang memegang peranan penting dalam pendidikan. Dengan adanya teknologi seperti ini informasi bisa diakses dengan mudah oleh semua orang. TIK membantu siswa dalam belajar, membantu pengembangan guru, dan memudahkan mengelola administrasi pendidikan, dan lain-lain. Namun penggunaan TIK juga perlu diperhatikan, khususnya untuk pengguna di bawah umur. Banyak konten-konten yang tidak sesuai dengan umur mereka dan belum pantas diketahui oleh mereka. Jika hal ini tidak diperhatikan, maka akan sangat besar kemungkinananya dapat merusak karakter dan moral anak tersebut.
Jadi teknologi informasi dan komunikasi akan sangat membantu siswa, mahasiswa, guru, dan semua orang untuk lebih mudah dalam mencari pengetahuan dan informasi-informasi penting. Seperti yang dikatakan UNESCO bahwa dengan memanfaatkan TIK maka pendidikan diberbagai jenjang dapat membantu mengubah pendidikan agar lebih baik. Namun dalam praktek penggunaannya, khusus anak dibawah umur, harus didampingi oleh orang dewasa sehingga mereka tidak terjerumus dalam sisi negatif dari TIK melainkan mereka mendapatkan pengetahuan yang lebih luas.

Komentar

Posting Komentar